Pengukuhan Unsur Pembantu Pimpinan PDM Kota Semarang

Pengukuhan unsur pembantu pimpinan PDM Kota Semarang periode muktamar ke 48


MUHAMMADIYAHSEMARANGKOTA.ORG, SEMARANG – Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Semarang mengadakan pengukuhan unsur pembantu pimpinan (UPP) untuk periode muktamar ke 48 pada hari Ahad, tanggal 30 Juli 2023 bertempat di gedung GKB 2 lantai 8 kompleks universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Jl. Kedungmundu Raya no 18, kelurahan Kedungmundu, kecamatan Tembalang.


Dalam acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh pimpinan daerah Muhammadiyah kota Semarang, pimpinan daerah Aisyiyah kota Semarang, pimpinan organisasi otonom (ortom) daerah kota Semarang, pimpinan cabang Muhammadiyah se kota Semarang, serta pimpinan majelis dan lembaga PDM Kota Semarang. Dalam acara pengukuhan tersebut juga dimeriahkan oleh tarian kolosal dari siswa siswi SD Muhammadiyah 1 Semarang.


Ketua panitia, Slamet Widodo S.Pd. didalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Semarang, Pimpinan Daerah Aisyiyah kota Semarang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah se Kota Semarang, serta Pimpinan UPP PDM Kota Semarang yang telah hadir dalam acara pengukuhan ini. Slamet Widodo S.Pd. juga menyampaikan kegiatan pengukuhan Unsur Pembantu Pimpinan kali ini mengambil tema “Bersinergi dan kolaborasi, untuk mewujudkan kota Semarang Berkemajuan, serta menggembirakan”, adapun harapan daripada pengambilan tema tersebut supaya para pimpinan yang masuk dalam UPP nantinya dapat saling bersinergi dalam menjalankan program kerja yang telah dibuat. Tak lupa juga Slamet Widodo S.Pd. juga menyampaikan terimakasih kepada PDM Kota Semarang yang telah mensupport acara ini sehingga dapat berjalan lancar dan sukses. Semoga muhammadiyah kota Semarang semakin maju dan berkemajuan.


Sekretaris PDM Kota Semarang, Suparno M.S.I. didalam sambutannya mengatakan bahwa untuk periode muktamar ke 48 ini akan dilakukan pengukuhan 24 unsur pembantu pimpinan (UPP) yang terbagi dalam 12 majelis dan 12 lembaga. Adapun 12 majelis yang dikukuhkan antara lain majelis tarjih, majelis tabligh, majelis pendidikan dasar dan menengah, majelis pendidikan kader, majelis pelayanan kesehatan umum, majelis pembinaan kesejahteraan sosial, majelis ekonomi, bisnis dan paeriwisata, majelis pendayagunaan wakaf, majelis pemberdayaan masyarakat, majelis hukum dan ham, majelis lingkungan hidup, serta majelis pustaka dan informasi. Sedangkan 12 lembaga yang dikukuhkan antara lain lembaga pengembangan pesantren, lembaga pengembangan cabang dan ranting, lembaga pembina dan pengawas keuangan, lembaga resiliensi bencana, lembaga pembinaan masjid dan mushola, lembaga amil zakat infaq sodakoh Muhammadiyah, lembaga pengembangan UMKM, lembaga hikmah dan kebijakan publik, lembaga seni budaya olahraga, lembaga dakwah komunitas, lembaga bantuan hukum, serta lembaga bimbingan haji umroh.


Ketua PDM Kota Semarang, Drs. H. Fahrur Rozi M.Ag. didalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada segenap pimpinan yang telah masuk kedalam unsur pembantu pimpinan (UPP) PDM Kota Semarang diperiode muktamar ke 48 ini. Kemudian Drs. H. Fahrur Rozi M.Ag. juga menjabarkan tentang program kerja prioritas yang akan dilaksanakan dalam periode muktamar ke 48, antara lain :
1. Konsolidasi ideologi, berupa penguatan paham Islam dam ideologi Muhammadiyah.
UPP yang terlibat : MPKSDI, pembinaan ortom, LPCR
2. Peningkatan peran masjid / PCM / PRM, dalam hal memperkuat dan memperluas basis umat di akar rumput.
UPP yang terlibat : tabligh, tarjih, LPMM, LDK, MPI, LPCR
3. Bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dalam hal mengembangkan amal usaha unggulan dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi.
UPP yang terlibat : dikdasmen, MEBP, MPKU, MPKS, Lazismu, LBHU, wakaf, UMKM
4. Dakwah, sosial, kemanusiaan, dalam hal mengintensifkan dan memperluas dakwah dikalangan generasi milenial.
UPP yang terlibat : MPKSDI, pembinaan ortom, LHKP, dikdasmen, pesantren, MHH, LBH
5. Bidang kader dan SDI, dalam hal reformasi kaderisasi dan diasporaan kader Muhammadiyah ke berbagai struktur bidang.
UPP yang terlibat : LHKP, MPKSDI, LSBO
6. Kelembagaan, dalam hal reformasi organisasi dan digitalisasi sistem
UPP yang terlibat : LPPK, pembinaan ortom

Sebagai penutup, Drs. H. Fahrur Rozi M.Ag. mengucapkan selamat kepada segenap pimpinan di majelis dan lembaga PDM Kota Semarang untuk periode muktamar ke 48, semoga dapat menjalankan tugas dan saling bersinergi sehingga dapat mewujudkan Muhammadiyah kota Semarang yang maju dan berkemajuan.





Editor : Muhammad Huzein Perwiranagara