Gelorakan Gerakan UMKM Berkemajuan Lewat Rakor dan Workshop LPUMKM PDM Kota Semarang


MUHAMMADIYAHSEMARANGKOTA.ORG, SEMARANG – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Semarang melalui Lembaga Pengembangan UMKM (LPUMKM) mengadakan kegiatan rapat koordinasi sekaligus workshop pada hari Sabtu (13/01) bertempat di hall RS Unimus, Jl Kedungmundu Raya, kelurahan Kedungmundu, kecamatan Tembalang.


Dalam kegiatan rakor dan workshop tersebut dihadiri oleh segenap pimpinan LPUMKM PDM kota Semarang, perwakilan dari PCM se-kota Semarang, perwakilan dari organisasi otonom (ortom) PDM kota Semarang, perwakilan dari amal usaha muhammadiyah yang ada di kota Semarang, serta perwakilan dari Jaringan Saudagar Muhammadiyah (JSM) kota Semarang.


Turut hadir pula sekretaris LP UMKM PWM Jawa Tengah Leny Ratih Agustin, ST. MT., wakil ketua PDM kota Semarang bidang pengembangan UMKM, Dr. H. Amrudin Mahfud Jumai M.M., serta Dinas Koperasi dan UMKM kota Semarang, Yuanita Rani S.TP. selaku kabid UMKM.

Penyampaian perkembangan UMKM di kota Semarang oleh Dinas Koperasi dan UMKM kota Semarang, Yuanita Rani S.TP. selaku Kabid UMKM

Ketua LPUMKM PDM kota Semarang, Drs H Fajar Arifin, M.M. didalam sambutannya menyampaikan bahwa Lembaga Pengembang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LP UMKM) merupakan lembaga baru pada struktur unsur Pembantu Pimpinan (UPP) dalam meningkatkan akselerasi Gerakan Ekonomi khususnya pada sektor riil dalam lingkup UMKM. Oleh karena itu didalam rapat koordinasi ini nantinya akan lebih diperkuat lagi khususnya dalam hal program kerja yang akan ditempuh selama 5 tahun ke depan.


Apresiasi Dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Semarang

Wakil ketua PDM kota Semarang bidang pengembangan UMKM, Dr. H. Amrudin Mahfud Jumai M.M. didalam sambutannya mengatakan bahwa dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Semarang sangat memgapresiasi kegiatan Raker dan Workshop Lembaga Pengemban UMKM PDM Kota Semarang yang terlaksana. Dalam kegiatan yang telah direncanakan satu bulan lebih ini membawa hasil dgn mengumpulkan para Pimpinan PCM se Kota Semarang yang membidangi UMKM juga para pelaku usaha serta dapat menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten dibidangnya, antara lain dari LP UMKM PWM Jawa Tengah serta dinas koperasi dan UMKM di Kota Semarang yang tergabung dlm JSM.

Untuk program kerja LP UMKM PDM Kota Semarang jangka pendek, menengah, dan panjang di periode Muktamar 48, salah satunya harus bisa mendapatkan data yang akurat terhadap pelaku usaha UMKM di lingkungan Muhammadiyah Kota Semarang. Kedepannya LP UMKM PDM Kota Semarang siap bersinergi dengan UnimusMart, sehingga PCM di Kota Semarang yg memiliki potensi untuk  didirikan TokoMu UnimusMart akan segera kita wujudkan termasuk juga pendirian  Muhammadiyah Bisnis Center ( MBC) di kompleks Masjid At Taqwa Wonodri Semarang.


Sinergi Antara Pemkot Kota Semarang dengan Muhammadiyah

Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang, Yuanita Rani S.TP. selaku Kabid UMKM mengatakan bahwa dari pemerintah kota Semarang sangat mengapresiasi langkah yang telah ditempuh oleh Muhammadiyah kota Semarang dalam hal program kerjanya, khususnya melalui pengembangan UMKM di kota Semarang. Lebih lanjut diharapkan dapat lebih ditingkatkan kembali dan dari Dinas Koperasi dan UMKM siap bersinergi  dengan muhammadiyah Kota Semarang.


Wokshop Membuat Ayam Krispy

Dalam kegiatan rakor dan workshop tersebut juga turut dimeriahkan oleh praktik membuat ayam krispy dimulai dari pengenalan bahan baku yang meliputi ayam potong, tepung protein, minyak goreng, dan bumbu rempah lainnya. Kemudian dilanjut dengan cara mengolah dan memasak semua bahan baku dan bumbu tersebut. Sebagai bahan penilaian dari ayam crispy tersebut meliputi tingkat kematangan serta tingkat “kriuk” dari hasil masakan tersebut. Nampak para peserta cukup antusias serta termotivasi dalam melihat langkah demi langkah mulai dari pengolahan bahan dan bumbu masakan sampai cara memasaknya. Tak lupa pula dari para peserta dapat mencicipi masakan setelah hasilnya jadi.




Editor : Muhammad Huzein Pewiranagara