Menanamkan Jiwa Kewirausahaan Kepada Para Siswa SD Muhammadiyah 11 Semarang


MUHAMMADIYAHSEMARANGKOTA.ORG, GAYAMSARI – Kreativitas dan karakter yang kuat adalah modal utama menghadapi era globalisasi saat ini. Upaya penanaman kreativitas dan karakter juga dilakukan oleh SD Muhammadiyah 11 Semarang.


Melalui pembelajaran P5 dengan tema kewirausahaan, siswa kelas 3 dan 4  dilatih kreativitas membuat bakso dan hiasan dinding dari kardus berkas. Kepala sekolah SD Muhammadiyah 11 Semarang, Noor Yulianingsih S.Pd. mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan semangat kewirausahaan sejak dini.

“Melalui pemanfaatan kardus berkas menjadi hiasan dinding, murid diajak untuk memanfaatkannya menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi lebih tinggi,” Ungkapnya.

Hasil hiasan dinding dari bahan kardus berkas oleh siswa SD Muhammadiyah 11 Semarang


Lebih lanjut, wirausaha adalah wujud i’tiba Rasulullah SAW di mana Rasulullah SAW sejak usia muda sudah menjadi wirausaha dengan beliau menjajakan dagangan milik Khatijah, dengan sistem sharing profil, harapanya siswa mampu mencontoh Rasulullah SAW dalam entrepreneur.

“Berwirausaha adalah i’tiba Rasullah SAW, dan diharapkan siswa dapat mencontoh jiwa Wirausaha Rasulullah SAW saat masih muda,” Pungkasnya.





Editor : Muhammad Huzein Perwiranagara